09. Jatim Park 2

Kamis, 20 Desember 2018

Suasana pagi hari ini begitu sejuk. Tidak hanya sejuk, namun menggigil. Begitu terasa menusuk ke sum-sum tulang belakang. Suhu udara di luar memang sedang dingin. Ditambah lagi, air conditioner yang menyala sepanjang malam.
Kali ini kami berada di suatu rest area di Jawa Timur, entah di KM berapa dan di Kabupaten mana. Yang jelas, waktu telah menunjukkan pukul setengah lima. Sudah hampir setengah jam yang lalu adzan Shubuh berkumandang. Ya, di Jawa Timur waktu Shubuh dimulai sekitar pukul empat pagi, berbeda dengan di Palembang.

Selepas sholat Shubuh, aku kira kami akan sarapan di sana. Ternyata tidak. Kami kembali masuk ke dalam bus untuk melanjutkan perjalanan ke restoran untuk sarapan yang berada di Kabupaten Nganjuk.
Di dalam bus, teman-teman banyak yang kembali tidur. Namun tidak sedikit yang tetap terjaga, bercengkrama satu sama lain.

***

Sekira pukul tujuh pagi, bus kami tiba di sebuah restoran. Kami akan sarapan di sana, sekaligus mandi pagi. Ya, kami kembali mandi di tempat umum.
Cara sarapan di restoran ini sama dengan restoran tempat kami makan malam sebelumnya. Nasi, sayur, lalapan, sambal dan lain-lain bebas mengambil sesuka hati. Namun untuk lauk, ada petugas yang menjaga. Sungguh suatu aturan unik yang baru ku temui.

Di sebuah restoran di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Nasihat yang sungguh menarik
Kami tidak lama di restoran ini, sekitar pukul delapan pagi, perjalanan dilanjutkan menuju Kebun Binatang Jatim Park 2 di Batu Malang. Dari Nganjuk ke sana, kami melewati Kediri. Dan tahukah kamu? Kami melewati Pare, tempat fenomenal yang dikenal sebagai Kampung Inggris.
Kami membutuhkan waktu perjalanan hampir empat jam dengan jarak tempuh sejauh 125 km.

Rute perjalanan menuju Jatim Park 2
Rute perjalanan menuju Jatim Park 2, dengan skala lebih kecil
Kali ini kami tidak melewati tol, namun melewati jalan biasa.Hal tersebut yang menyebabkan waktu jadi lebih lama. Pun, medan yang dilalui adalah dataran tinggi, jadi cukup memacu adrenalin.
Ini adalah beberapa foto dalam perjalanan.

Kelurahan Kauman, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur
Salah satu sudut jalan di Kabupaten Kediri, Jawa Timur

Jalan yang cukup sempit menuju Jatim Park 2

Pemandangan di samping jalan, ngeri jugo kalu nyampak dari sini wkkw

Akhirnya, kami tiba di Jatim Park 2, Kota Batu Malang ketika beberapa menit lagi menjelang adzan Zhuhur. Setelah mengantre untuk ambil tiket, kami langsung menuju mushollah untuk sholat Zhuhur dan Ashar.

Foto ini diambil di dekat toilet, lho
Di area gerbang Jatim Park 2

Masih di area gerbang Jatim Park 2
Area gerbang Jatim Park 2 juga

Oh ya, satu lagi. Dari tadi, aku terus menulis Jatim Park 2. Ya, ada tiga Jatim Park di sini. Jaraknya pun tidak berjauhan satu sama lain. Di bawah ini adalah lokasinya jika dilihat dari Google Maps.

Lokasi Jatim Park 1, Jatim Park 2, Jatim Park 3 dan Musem Angkut di Kota Batu Malang yang berdekatan

Di Jatim Park 2, rutenya cukup panjang dan memutar. Artinya, rute tersebut mengharuskan kita, secara otomatis, melewati seluruh area yang ada. Cukup melelahkan, sih. Kami harus tetap fit menjaga stamina, karena masih ada dua objek wisata lain yang harus dikunjungi; Museum Angkut dan Gunung Bromo.
Dan ini adalah beberapa foto ketika aku tengah berada di dalam area Jatim Park 2. Terdapat banyak hewan yang jarang aku temui di sini.

Komodo Dragon
Bintang Laut
Ikan
Jauh-jauh ke Jawa Timur, ternyata ketemu Jeme Lahat di sini..